DOA

 

Doa meminta sesuatu kepada Tuhan. Apa yang bisa membuat doa kita dikabul? keyakinankah? , keteguhan, kesabaran, kesabaran, kesabaran, kesabaran dan akhirnya mungkin dengan ijin Alloh akan dikabul. Seperti keinginan kita waktu kecil meminta sesuatu kepada orang tua. Minta dibelikan coklat, minta dibelikan mainan, baju, sepatu, tas dll. Apa seh yang kita lakukan biar orangtua kita bisa mengabulkan doa kita? Meminta dan merengek secara terus menerus tiap hari bahkan tiap jam dan akhirnya tiap menit. Tak henti-hentinya, bahkan merayunya.Karena keinginan kita teguh.

Ada orang yang merasa bahwa hidupnya sudah merasa tidak ada artinya, selalu saja dirundung kesulitan dan kesakit-hatian, kadang ada juga orang yang memandang sebelah mata terhadapnya, tidak dihargailah, disepelekanlah, dihinalah dan wah macem-macem deh. Pokonya yang membuat hidupnya serasa pahit, sepait kopi tanpa gula. Tidak henti-hentinya siksaan yang menderanya.

Tetapi tidak pernah berhenti juga bagi dia untuk senatiasa memanjatkan doa, hampir setiap malam berdoa untuk dibukakan jalan yang lebih cerah dalam hidupnya selain berusaha juga dalam bersikap, supaya orang pun tidak memperlakukan seperti itu. Agar dia tidak mengalami dan merasa hal itu lagi, Agar dia terlepas dari beban . Biar bisa menjalani semuanya secara normal, biar bisa bahagia seperti orang lain yang tanpa beban. Walaupun ukuran bahagia sebetulnya tergantung dari kita dalam mensyukuri nikmat dan karunia yang telah diberikan.

Tapi bagaimana dengan kenyataan yang terjadi? . Kadang kita merasa doa kita tidak kunjung dikabulkan. Kita masih selalu merasa bahwa kita masih terpuruk. Kenapa doaku tidak pernah didengar, begitu akhirnya yang keluar dalam pikirannya.Kenapa jalan itu belum pernah ditemukan. kenapa semua masih gelap. Atau kita sendiri yang membuat gelap, padahal jaman sekarang kan listrik sudah ada, tinggal pijit saklar, tidak sampai 10 detik dunia akan terlihat jelas hihihi.
Itu yang kadang membuat kita bertanya-tanya?. Itu yang membuat kita tidak berhenti berpikir, Apa yang salah dalam hidup ini? langkah apa seh yang sebaiknya kita lakukan. Terlalu banyak dosakah kita sehingga doa kita tidak dikabul? terlalu berlebihankah kita dalam permintaan? atau Apakah kita terlalu berharap banyak dalam hidup ini. Sehingga apa yang kita capai sekarang tidak pernah bisa memuaskan kita. Manusia memang tidak pernah ada puasnya. Kata orang sih jangan terlalu melihat ke atas, cape dan pegel , tidakkah kita liat orang lain, didunia ini yang masih banyak mengalami kesulitan. Tapi ukuran yang ideal, kita sendiri tidak tahu. Berapa dan sebatas apa, karena kapasitas setiap orang akan berbeda-beda. Apalagi kita berhadapan dengan berbagai macam lingkungan. Mau gak mau kita akan terpengaruh dengan lingkungan tempat kita berada serta bisa membentuk terhadap cara berpikir kita.

Hidup, adalah bagaimana kita memandangnya serta menyikapinya. Awal yang bagus menurut saya adalah dimulai dengan memandang semua dari sisi positif. Jalankan semua sesuai dengan prioritas mana yang lebih penting. Bertawakal dan bersabar adalah kunci utama dalam menjalankan hidup selain bersiakap positif dalam memandang semua hal.

Ini hanya sekedar wacana. Masalah apakah kita bisa menjalaninya, itu semua tergantung pada mindset dalam otak kita serta kapasitas kita dalam menghadapi cobaan hidup . Semoga kita semua bisa menjalanani apapun yang kita hadapi dengan lapang dada. Amin.

 

Think positive!

 

Tentang anagustini

Semua bisa kecil tapi kalo semua berfungsi dengan baik, kenapa tidak.
Pos ini dipublikasikan di Ilahi, Prosa. Tandai permalink.

5 Balasan ke DOA

  1. Pujiono berkata:

    Ana, Doa adalah hadiah terbesar dan terindah yang kita terima. baca deh tentang kekuatan doa di blog saya.

  2. Hendarini berkata:

    Ana euy… makin bijak aja sekarang … neng geulis… 😀

  3. Ana Gustini berkata:

    Seiring dengan perkembangan waktulah.

  4. panca berkata:

    eh saya juga menulis blog tentang DOA (versi anggota dewan)
    tingali gra’

  5. Ana Gustini berkata:

    Ntar saya liat deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s