politik

Bicara mengenai politik . Apa yang dimaksud dengan politik? politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional dan nonkonstitusional. merujuk pada semua langkah politik yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di suatu negara. Karena Undang-Undang Dasar adalah hukum tertinggi dalam suatu negara maka suatu tindakan konstitusional adalah semua langkah yang sesuai hukum .

Tetapi selanjutnya karena konstitusi diuraikan dalam berbagai undang-undang dan lain peraturan perundang-undangan, maka sering pemerintah yang mempunyai kewenangan untuk membuat undang-undang bersama parlemen (di Indonesia Dewan Perwakilan Rakyat) maka dalam beberapa situasi pelanggaran hukum bisa merupakan pelanggaran terhadap peraturan di bawah konstitusi sehingga untuk menetapkan apakah suatu undang-undang tidak bertentangan dengan konstitusi dibentuklah Mahkamah Konstitusi.

Teori politik merupakan kajian mengenai konsep penentuan tujuan politik, bagaimana mencapai tujuan tersebut serta segala konsekuensinya.

Dalam konteks memahami politik perlu dipahami beberapa kunci, antara lain: Kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, perilaku politik, partisipasi politik, proses politik, dan tidak kalah pentingnya adalah mengenai seluk beluk partai politik.

Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles). Partisipasi kita sebagai warga adalah ikut memperhatikan jalannya pemerintahan, turut kritis mengikuti jalannya pemerintahan dengan berbagai kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tentunya dengan menjadi warga yang baik terlebih dahulu dengan menjalankan kewajiban-kewajiban dan berhak memilih wakil rakyat yang mereka percaya tentunya untuk kebaikan bersama.

Tentang anagustini

Semua bisa kecil tapi kalo semua berfungsi dengan baik, kenapa tidak.
Pos ini dipublikasikan di Sosial Politik. Tandai permalink.

4 Balasan ke politik

  1. patrianila berkata:

    Sekelompok orang ingin berdarmawisata ke tempat yang indah. Lantas terjadi rembugan di antara peserta darmawisata. Bahkan ada beberapa yang saling ngotot mempertahankan usulannya. Masing-masing berpegang pada keyakinan bahwa tempat yang diusulkan adalah terindah menurutnya. Karena masih juga belum ketemu tempat yang mau dituju akhirnya diciptakan sebuah aturan dasar yang salah satunya berisi syarat-syarat tempat yang mau dituju. Aturan ini jadi acuan bersama. Semua yang hadir sepakat mematuhi aturan ini karena memang yakin dengan aturan ini akan ketemu tempat yang mau dituju itu.

    Sementara merumuskan panduan untuk menentukan tempat itu, mulailah dipikirkan masalah penggalangan dana. Akhirnya sepakat untuk saweran. Tapi kemudian bingung. siapa yang harus megang dan mengelola uang saweran untuk darmawisata tersebut. Kemudian dipilihlah salah satu orang sebagai pengelola dan pimpinan proyek darmawisata itu. Pimpinan itu dibantu dengan beberapa orang merencanakan, membeli bekal, dan menghubungi pihak-pihak yang berkaitan dengan darmawisata.

    Mengingat uang yang dikumpulkan adalah uang bersama maka disepakati pula menunjuk seseorang sebagai pengawas jalannya penggunaan dana saweran. Tugasnya untuk mengawasi sekaligus memastikan darmawisata berjalan sesuai keinginan bersama.

    SEbenarnya persoalan semakin rumit karena tidak semua bisa saweran. ada yang mencicil, ada yang tidak punya uang, bahkan ada yang menolak saweran. Tapi semua ingin pergi darmawisata. Persoalan di pihak pelaksana pun banyak. Mulai dari kebingunan mengalokasikan dana darmawisata sampai korupsi.

    Namun sekelompok orang itu menyepakati untuk terus berembug dan saling mendengarkan bila ada masalah.
    Memang ada juga, yang culas. Karena melihat uang saweran yang terus bertambah itu semakin besar, ada yang berniat mencuri dan mengangkanginya sendiri.

    Itulah Politik. Seni mengatur berdarmawisata.

  2. iqbal berkata:

    politik = seperti mengatur darmawisata…????
    politik untuk kebersamaan…????

    maaf ga masuk akal….!!!

  3. rezka mohede berkata:

    politik adalh kekuasaan dlm negara yg mempunyai tujuanmengatur berdamawisata

  4. harianto berkata:

    temanya masih sangatt luas,tapi mencoba mempersempit makna tema,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s