Mobil mewah itu ternyata….

Senin lalu tanggal 26 Desember 2007 headline sebuah koran mengenai impor mobil mewah. Intinya temuan penyelidikan mengenai impor gelap mobil mewah di Indonesia. Jumlahnya tidak sedikit mencapai 350 yang berdokumen palsu Ternyata mobil-mobil seperti Rolls Royce, cygnus, BMW X5, atau Mercedes di Jakarta dokumennya bisa Bodong, walau mereka mempunya surat tanda kendaraan bermotor (STNK) yang asli. Surat asli didapatkan dengan mudah tentunya harus menggunakan pelancar biar surat itu keluar.

Konon sampai senilai uang 200 juta rupiah semua surat akan diterima dengan beres. Mari kita lihat alur-alurnya mulai dari pelabuhan importir mobil sudah mendapatkan ijin dari bea dan cukai, –—>sebetulnya mobil masuk tanpa ijin semua dokumen ternyata dipalsukan. kedua kejadian di kantor bea cukai yaitu proses pengisian data mulai dari jenis kendaraan, tahun pembuatan, sampai ukuran mesin (pengisian formulir A) —> Ternyata tahun pembuatannya dipalsukan dibuat lebih tua agar pajak lebih murah, atau ukuran mesin yang diperkecil. Ketiga Langkah yang harus dilakukan adalah Faktur serta dokumen lain yang harus dikeluarkan (formulir A) —> ada fasilitas diplomatik mobil dirubah menjadi kendaraan pribadi dengan menggunakan formulir C tp dikeluarkan tanpa rekomendasi Departemen Luar negeri asli. keempat adalah pengeluaran rekomendasi untuk mobil impor (jika formulir A dengan faktur cocok ) dari direktorat lalulintas mabes polri. Kelima, akhirnya sampailah di kantor samsat untuk dikeluarkan STNK dengan didukung data dari Bea dan Cukai sampai direktorat lalu lintas. Pajak dipungut berdasarkan data dari formulir A.

Nah akhirnya STNK keluar padahal data yang diberikan sejak awal adalah palsu. Kemudian berkas-berkas dilenyapkan untuk menghilangkan jejak. Diduga pemilik mobil dengan dokumen bodong ini adalah polisi, wakil rakyat, pensiunan jendral, artis hingga konon ada dua tokoh partai besar kita loh.

Wah gimana mau diberantas penyimpangan wong yang beli juga orang-orang penting yang pasti akan memagari dirinya. Dan kasus ini belum tentu bisa dituntaskan karena yang melegalkan sekalian menggunakannya juga. Adakah di Indonesia ornag berani mencopot jabatan karena dia mengakui kesalahannya????. Bisa dibayangkan berapa keuntungan yang meruah dari para importir ini.

Tentang anagustini

Semua bisa kecil tapi kalo semua berfungsi dengan baik, kenapa tidak.
Pos ini dipublikasikan di Prosa, Sosial Politik. Tandai permalink.

2 Balasan ke Mobil mewah itu ternyata….

  1. andrias ekoyuono berkata:

    duh, miris banget ya bila itu ternyata juga dilakukan oleh para wakil kita di parlemen….

  2. Mudro berkata:

    Mbak, bukan impor gelap mobil mewah, tapi impor mobil illegal.
    Karena tempatnya terang dan barangnya jelas serta seliweran di jalan-jalan ibukota Jakarta. Apanya yang gelap?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s