Sombong

Menjadi orang paling benar dan ga mau denger pendapat orang lain atau sombong, angkuh memang sepertinya menyebalkan. Bukan hanya oleh sesama manusia saja yang akan membenci, tetapi Tuhan pun akan membenci orang yang angkuh dan sombong.

Di dunia ini atau hubungan sesama manusia sifat sombong memang tidak ada aturannya dan tidak diatur akan larangannya, dan tidak pula ada undang-undangnya atas hukuman orang yang melakukan kesombongan. Tetapi akan berbeda kalau sifat sombong dihadapan Alloh Swt. Pada saat diakhirat nanti salah satunya adalah akhlak kita yang akan dinilai.

Penyebab kesombongan adalah akibat dari merasa dirinya “lebih” merasa lebih pintar, merasa lebih baik ibadahnya, merasa lebih akan kecantikannya, ketampanannya, hartanya sehingga timbulah rasa sombong dalam dirinya. Makhluk Allah apapun ujudnya tidaklah pantas untuk berlaku sombong atau congkak di atas bumi ini. Ilmu, amal, keturunan, pangkat, kecantikan, harta benda yang dimiliki manusia betapapun luas, besar dan tinggi nilainya tidak akan berarti bagi Allah SWT sedikitpun juga.

Sifat sombong akan menimbulkan halangan bagi masuknya ke pintu surga. Rasulullah mengatakan bahwa di hari Kiamat orang-orang yang sombong akan dikumpulkan, dijadikan pasukan semut-semut lalu digiring ke penjara yang ada di dalam neraka jahannam bernama penjara Bulasa di sana mereka diberi minuman darah dan nanah thinnatil khabai ( kotoran penghuni neraka).

Sabda Rasulullah SAW. : Tidak akan masuk surga orang yang dalam lubuk hatinya terdapat perasaan sombong ( arrogan) walaupun cuma sebesar atom (HR Bukhari Muslim)

Iklan

Tentang anagustini

Semua bisa kecil tapi kalo semua berfungsi dengan baik, kenapa tidak.
Pos ini dipublikasikan di Prosa. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sombong

  1. kucingkeren berkata:

    yang parah… udah miskin sombong pula… wahh ancurr deh tu orang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s