BENCI

Benci, Mengapa tiba-tiba kita merasa benci.Benci terhadap suatu hal, misalnya benci terhadap kegiatan rutinitas, benci melihat hal-hal tertentu atau sampai benci sama orang di lingkungan kita.Kenapa harus ada rasa benci di dunia ini yah?
Ngomongin soal benci kita harus tau dulu apa seh sebenarnya arti benci itu? menurut Wikipedia Ensiklopedi bebas, benci itu adalah merupakan sebuah emosi yang sangat kuat dan melambangkan ketidaksukaan, antipati untuk seseorang, sebuah hal, barang atau fenomena. Hal ini juga merupakan sebuah keinginan untuk, menghindari, menghancurkan dan menghilangkannya.


Kadangkala kebencian dideskripsikan sebagai lawan daripada cinta atau persahabatan tetapi banyak orang yang menganggap bahwa lawan daripada cinta adalah ketidakpedulian.Tapi cinta bisa berujung kebencian serta dendam juga yah? setuju gak?
Mari kita bedah lagi apa seh yang disebut Cinta dan persahabatan itu.

Cinta adalah sebuah perasaan untuk membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang.Pendapat lain Cinta adalah sebuah aksi atau kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

Persahabatan merupakan istilah yang menggambarkan perilaku kerjasama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Dalam pengertian ini Persahabatan menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi.Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain.Entah itu karena selera yang sama saling tolong menolong atau menikmati kegiatan-kegiatan yang sama.

Kembali kita bahas mengenai Benci. Kebencian, kenapa hal itu bisa muncul dari diri kita, apa penyebabnya? kita semua tau, pasti ada yang membuat serta ada yang mendorongnya sehingga rasa benci itu timbul.Mungkin sesuatu hal yang membuat kita kecewa, marah, kesel, murka dan berujung kebencian.Mungkin sampai tak termaafkan akhirnya dendam membara.Bahayanya bisa-bisa orang yang tidak bisa mengendalikan emosi bisa melakukan segala cara untuk balas dendam.Ih ngeri yah….membunuh karena sakit hati.

Sakit hati memang boleh dan wajar, itu sangat manusiawi maksudnya bukan boleh tapi memang bisa kita rasakan dan hal yang umum kita alami dalam kehidupan manusia.Tapi harus tetap diupayakan untuk bisa dikendalikan.Mungkin kita juga harus bisa bersyukur serta memasrahkan semuanya kpd yang diatas.Bahwa apapun yang kita alami sebagai ujian dari-NYA dan menuju sesuatu yang terbaik atas Rido-NYA.
Bagaimana sih menghadapi emosi, serta kebencian tersebut. Jawabannya adalah “pengendalian diri”, “Manajemen diri”.Maka cobalah belajar untuk Kuasai dan kendalikan dirimu.Hal yang tersulit adalah bagaimana kita mengendalikan diri kita sendiri merupakan musuh terbesar yang ada di diri kita sendiri.Jika kita sudah bisa mengalahkan dan mengendalikan diri kita sendiri berarti kita sudah bisa mencapai kepada kecerdasan spiritual yang tinggi.

Mengendalikan dan mengalahkan diri sendiri adalah sebuah hal yang seyogyanya bisa kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari.Jadi bukan sesuatu hal yang istimewa.Kita harus biasakan diri untuk mengendalikan diri dari emosi setiap saat.Bagaimana dengan Kecerdasan emosi?itu juga hal yang penting dan merupakan tahap yang juga harus kita lewati sebelum mencapai kecerdasan spiritual.

Akhir kata marilah kita belajar dan belajar serta belajar untuk bisa mengendalikan emosi kita.Menghadapi kebencian, kekesalan, kemarahan yang selalu hinggap dan akan tetap hinggap dalam diri kita.Semoga.

Iklan

Tentang anagustini

Semua bisa kecil tapi kalo semua berfungsi dengan baik, kenapa tidak.
Pos ini dipublikasikan di Prosa. Tandai permalink.

12 Balasan ke BENCI

  1. Djo Cimahi berkata:

    hmmm… look who’s talkin’….
    bisa nabeuh goong nu maneh babarkeun…???

  2. Yogie Pratama berkata:

    Aq cm mo menanyakan apa efek yang akan muncul dari rasa persahabatan yang membungkus rasa benci?Kedua, bagaimana dengan rasa cinta yang berperean sebagai kedok/topeng dari rasa benci itu sendiri?

  3. widyaharningtyas berkata:

    kata org benci & cinta sangat tipis batasannya. aq pernah akhirnya ngrasain benci stengah mati ma cwok yg bner2 kucintai karena dia g’kunjung2 mencintai aq…aq sdh mnyatakan prasaanku & slalu mnunjukkan prhatianku bhkan rela bkorban apapun…e tak sdikitpun dia membalas prasaanku…..sakit hati krn cinta pun akhirnya berujung benci..

  4. marni berkata:

    trkdg benci itu muncul dr sifat manusia itu sndr,ada manusia yg memiliki sifat egois yg sgt bsr,dan krg pnybr. apakah kt hrs mengucilkan mrka…?? klo iya,itu ga adil bgt!!!!!!!! yg harus dilakukan itu adlh memberikan dia pengertian dan sdkt bersikap sabar dalam mghdpinya bkn lgsg nyuruh dia ‘km hrs berubah’….semua manusia pngen jd org baek,itu psti!! tp jd org baek itu ga gampang……cb aja sm diri sndri,klo km memang dasarnya org baek mgkn bs,tp klo engga,,,apa km bs jamin km bs jd org baik??????????

  5. Isti berkata:

    aku benci dengan semua,,semua yang ga’ pedulikan aku, aku BENCI SEMUA.A.A.A.AA..

  6. boboho berkata:

    rasa benci akan sirna apabila kita bisa melihat hal2 positif dari segala peristiwa yang kita alami. klo’ kita membenci seseorang, pikirkan dlu, apakah pantes qt membenci. smentara dri qt sendiri jg pernah berbuat ksalahan.
    hilangkanlah rasa benci tersebut dan binalah rasa kasih sayang untuk saling bahu-membahu dalam memperbaiki diri masing-masing.

  7. ada pepatah benci jadi cinta..benci jadi rindu…terkadang perasaan cinta diawali dari benci loh..percaya ga?

  8. dhicka berkata:

    hmmm mao nanya nech…
    1,bagai mna cara mngendalikan kebencian terhadap orang yang kita benci supaya tidak berujung pada kekerasan…?
    2,bagai mna cra mengendalikan emosi kita,,,?
    3,hal apa yg hruz kita lakukan bila kita di benci oleh orang yang kita sayangi maupun tidak kita sayangi…?

    tolong bantu aq yach,,,,,

  9. cinta dan benci hanya karena ALLAHUAKBAR.. benci lah segala yg di murkai Allah…

  10. ryyo berkata:

    aku benci ….. benci… dan benci……..!!!!!!!!

  11. Iin Mutmainah berkata:

    Ak stuju ,Rsa benci tdak akn prnah bsa membwat kta bhagia .Krna rsa bnci yg trlalu akn mnimbulkan sesuatu hal yg tdk baik,Wlaupun ak jg suzh untk mlakukannya tp,ak cb untk bsa bwat yg trbaik !!
    Asal klian mau brusha dan sungguh” ingn brubah ku prcya itu akn traza lbih mudh jdi x ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s